Bunuh Kutu Hewan dengan Vakum!

KapanLagi.com – Vakum pembersih membunuh kutu binatang sama seperti cara kerja racun, kata para peneliti AS yang terkejut menemukan fakta ini. Mereka mengatakan vakum pembersih standard yang mana sudah bisa memperlakukan kutu hewan dengan sangat kejam, sehingga membunuh 96% kutu dewasa dan 100% kutu yang lebih muda.

Jadi orang tak perlu khawatir bahwa kantung vakum pembersih mungkin berubah jadi ladang perkembang-biakan kutu hewan, karena hewan penggigit itu akan bernasib naas begitu tersedot ke dalam vakum, kata perhimpunan profesor entomologi di Ohio State University.

Needham mempelajari kutu kucing atau Ctenocephalides felis, jenis kuta yang paling umum ditemukan di dalam rumah.

“Apapun jenis kutu yang tersedot ke dalam vakum pembersih dari macam apapun, itu mungkin menjadi perjalanan `satu-tiket`,” kata Needham dalam suatu pernyataan.

Needham, yang menulis di jurnal Entomologia Experimentalis et Applicata, menyatakan bahwa vakum menghilangkan lapisan luar yang licin pada serangga yang disebut “kulit ari”. Tanpa lapisan tersebut, kutu hewan, anak serangga dan kepompong mungkin akan jadi kering dan mati, katanya.

Temuan itu sangat mengejutkan sehingga para peneliti tersebut melakukan percobaan mereka beberapa kali.

“Kami tak melakukan pembedahan pasca kematian, jadi kami tak mengetahui secara pasti. Tetapi tampaknya penyiksaan fisik yang mereka alami membuat mereka mati,” kata Needham.

Kutu hewan menyebarkan penyakit seperti penyakit pes dan dapat menyebarkan cacing.

“Ada segala jenis cara untuk menanggulangi masalah tersebut, tapi bagaimana pendapat orang mengenai insektisida dan berapa banyak uang yang ingin mereka keluarkan, menentukan apa yang mereka lakukan untuk mengendalikan kutu hewan. Penggunaan vakum adalah suatu strategi yang sangat besar karena itu tak melibatkan bahan kimia dan secara fisik menghilangkan masalah tersebut,” kata Needham. (kpl/cax)

http://www.kapanlagi.com/a/old/bunuh-kutu-hewan-dengan-vakum.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s