Tips Memilih Hewan Peliharaan

KOMPAS.com — Memilih binatang peliharaan butuh pertimbangan yang matang. Sebab, kehadiran makhluk ini akan menimbulkan perubahan dalam hidup Anda. Enggak percaya?

Betsy Saul, pendiri Petfinder.com, sebuah website penyedia informasi bagi calon pembeli atau pengadopsi hewan, memberikan sejumlah saran bagi Anda yang ingin punya hewan peliharaan.

* Tempat
Pertimbangkan apakah Anda ingin membeli dari pet shop, teman, peternak (anjing dan kucing), atau dari rumah penampungan hewan, seperti di rumah sakit hewan kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Tanyakan silsilah atau riwayat kesehatan binatang yang akan Anda beli. Apakah ia sudah divaksinasi atau belum.

Persyaratan untuk mendapatkan hewan peliharaan di pet shop dengan rumah penampungan hewan pasti berbeda. Rumah penampungan hewan membutuhkan sejumlah formulir pendataan untuk calon pengadopsi.

* Gaya hidup
Apakah Anda masih lajang atau sudah berkeluarga? Apakah Anda menghabiskan banyak waktu Anda di kantor atau sering bepergian? Anjing, contohnya, membutuhkan banyak interaksi. Anda harus meluangkan waktu untuk mengajak mereka jalan-jalan atau paling tidak bermain selama 2-3 kali seminggu.

Namun, kalau Anda tipe sibuk, lebih baik Anda pilih kucing, kelinci, atau ikan yang tidak butuh banyak interaksi dengan manusia.

* Usia hewan
Anak kucing atau anak anjing memang lucu dan menggemaskan. Namun, kembali lagi pada kebutuhan Anda. Bayi kucing dan anjing butuh perawatan ekstra dan mereka rentan terserang penyakit.

Sementara itu, hewan yang sudah dewasa relatif tidak membutuhkan banyak perawatan dan umumnya mereka sudah terlatih. Misalnya, bisa pup (buang air) sendiri di baki pasir yang sudah disiapkan atau mendeteksi orang asing.

* Peranakan
Tentukan apakah Anda ingin memiliki hewan peliharaan untuk menjaga rumah atau untuk dilombakan. Tentunya hewan peranakan yang bersertifikat bisa diikutsertakan.

Peranakan atau silsilah juga menentukan karakter hewan. Contohnya, anjing jenis Jack Russells punya energi yang tinggi dan amat aktif, sedangkan anjing Basser Hounds cenderung pemalas.

* Pemisahan
Jika Anda punya kucing dan ingin memelihara anjing, pastikan Anda punya ruang yang cukup untuk memisahkan mereka. Contohnya, anjing di luar rumah, sedangkan kucing di dalam rumah. Jangan sampai mereka berkelahi karena berada di satu ruangan dan menyulitkan Anda.

* Sepasang
Hewan juga butuh teman. Memelihara sepasang anjing atau sepasang kucing memang sulit, tapi mereka akan punya teman bermain saat Anda mungkin sedang tidak punya waktu untuk bermain bersama mereka. Jika salah satu dari mereka mati, segera gantikan dengan yang baru. Pastikan juga mereka cocok.

* Diskusikan dengan keluarga
Ini hal yang paling penting. Anda, suami, dan anak-anak, pasti punya hewan favorit masing-masing. Jangan sampai setelah membawa pulang peliharaan, ada anggota keluarga yang tidak suka atau alergi. Otomatis mereka tidak akan bisa ikut merawat peliharaan Anda.
Rabu, 3/3/2010 | 14:18 WIB
http://female.kompas.com/read/xml/2010/03/03/1418266/tips.memilih.hewan.peliharaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s