Berbagi Ruang dengan Peliharaan

Selasa, 08 Juni 2010 | 07:34 WIB

 

TEMPO Interaktif, Mengajak hewan peliharaan berbagi kamar, bagi sebagian orang, dianggap lumrah. Restya, 28 tahun, pegawai perusahaan telekomunikasi, misalnya. Ia mengizinkan Bumble, kucing Persia miliknya, bermain di kamarnya. Tapi, jika mulai batuk-batuk, Restya menjauhi Bumble. Terlebih jika kucing Persia itu sedang kotor. “Aku jauhi dia,” ujarnya. Biasanya, Bumble mandi sekali setiap pekan. Namun, karena Bumble sering bermain ke kamar, kucing Persia itu dimandikan tiga hari sekali.

“Tapi dia tak naik ranjang,” kata Restya. Menurut dia, Bumble biasanya hanya main di lantai kamar dan tidur di luar kamar. “Saya tak suka ada bulu kucing di kasur,” kata dia.
Menurut riset yang dilakukan American Pet Products Association, hampir setengah dari jumlah anjing peliharaan tidur di tempat tidur pemilik mereka. Berdasarkan hasil survei pula, ditemukan bahwa 62 persen dari jumlah kucing peliharaan tidur dengan pemiliknya, dan 13 persen dari jumlah kucing peliharaan tidur dengan anak-anak.

Membawa hewan peliharaan ke atas kasur memang masih jarang dilakukan. Namun ada juga yang tidur dengan hewan peliharaannya. Pasalnya, ada beberapa keuntungan berbagi ranjang dengan hewan peliharaan.

Menurut Candace Hunziker, dari Georgia, tidur dengan hewan peliharaan bisa membuat si pemilik tidur dengan nyaman dan membantu mengobati gangguan insomnianya. “Saya tidur dekat dengan anjing, dan mendengar dengus napasnya membuat saya bisa tidur,” kata pemilik anjing campuran Labrador Retriever ini. Apakah ini berbahaya?

Menurut Derek Damin, dari Klinik Allergy, Asthma, & Immunology di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat, pengidap asma atau alergi hewan peliharaan tidak boleh tidur dengan hewan peliharaan atau bahkan membiarkan hewan peliharaan berkeliaran di kamar tidur. “Gunakan filter HEPA agar hidung menghirup udara bersih beberapa jam sehari,” kata Damin.

Filter HEPA (high efficiency particulate air) adalah penyaring partikel di udara tingkat tinggi. Alat yang biasa digunakan untuk industri dan kesehatan ini bisa menyaring partikel hingga ukuran 0,3 mikrometer. “Tapi, jika Anda tidak alergi, ada yang benar-benar tak ada masalah besar dengan memiliki anjing di tempat tidur,” kata Damin. “Tidak apa-apa asalkan tidak mengganggu tidur Anda.”

Selain itu, periksakan kesehatan hewan peliharaan Anda. Jangan lupa periksakan juga kesehatan Anda ke dokter untuk mengetahui ada-tidaknya penyakit bawaan dari hewan peliharaan yang masuk ke dalam tubuh.

Restya mengaku sudah menjalani tes TORCH, dan hasilnya negatif. TORCH adalah istilah yang mengacu pada infeksi yang disebabkan oleh sejumlah virus (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV), dan Herpes simplex virus II (HSV-II). Tes ini biasanya dilakukan pada wanita hamil.

Bahkan dia sudah menyiapkan antibodinya. Selain itu, setiap habis memegang Bumble, dia cuci tangan dan tak pernah bagi-bagi makanan ke kucing selagi makan.
Restya pun punya jadwal rutin ke dokter hewan. “Setiap tiga bulan aku cek,” kata dia. Terlebih jika kucingnya tiba-tiba emoh makan atau badannya lemas dan tak aktif. “Kalau (Bumble) sakit, langsung aku bawa ke klinik dokter hewan segera,” kata dia. | Nur rochmi

Aman dengan Hewan Peliharaan

– Sewalah hewan sebelum membeli hewan peliharaan.
– Pakailah filter HEPA.
– Mandikanlah hewan peliharaan minimal sepekan sekali.
– Periksakanlah hewan peliharaan Anda ke dokter hewan setidaknya tiap tiga bulan sekali.
– Selalu cuci tangan setelah memegang hewan peliharaan Anda.
– Bersihkan karpet, perabotan berlapis kain, dan tirai.
– Jika Anda terkena alergi, konsumsi obat alergi Anda.
– Siapkan antibodi penyakit.
– Keluarkan hewan peliharaan dari kamar Anda.

http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2010/06/08/brk,20100608-253389,id.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s