Rumah Tetap Sehat Meski Pelihara Binatang

Binatang peliharaan seringkali jadi kambing hitam, penyebab rumah tidak sehat. Padahal anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Asalkan rajin merawat dan membersihkan hewan kesayangan, tak perlu khawatir rumah tercemar kuman penyakit.

Tak ada yang salah dengan anggapan bahwa binatang bisa membawa kuman-kuman penyakit. Para pecinta binatang atau mereka yang memiliki hewan peliharaan, bisa jadi dibuat ketar-ketir dengan anggapan ini. Apalagi banyak penyakit berbahaya, yang disebarkan oleh hewan peliharaan. Contohnya, toksoplasma yang konon banyak disebarkan oleh kucing.

Hal yang sama juga sempat saya rasakan. Sebagai salah satu pecinta kucing, saya dibuat khawatir dengan pembicaraan mengenai penyakit-penyakit berbahaya, yang mungkin dibawa oleh binatang. Padahal, saya senang sekali bermain, bahkan kadang berbagi tempat tidur dengan kucing kesayangan. Kekhawatiran ini mereda, setelah beberapa waktu lalu saya berjalan-jalan ke Festival Hewan Peliharaan, dan berkesempatan untuk konsultasi gratis dengan salah satu dokter hewan, di sana.

Dokter hewan pun tidak menyangkal, bahwa binatang bisa saja membawa dan menyebarkan kuman penyakit di rumah. Tapi, dia juga mengatakan bahwa kebersihan dan kesehatan rumah tinggal, juga ditentukan oleh penghuninya. Meski memelihara banyak hewan kesayangan di rumah, kita tetap bisa hidup sehat, kok . Agar lebih jelas, saya coba menyarikan apa yang dijelaskan dokter, dalam poin-poin berikut.

  1. Bersihkan rumah secara teratur. Hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, senang berlari dan bermain, di hampir seluruh sudut rumah. Tidak mustahil, kotoran atau rambutnya yang rontok, menyebar di seluruh rumah. Itulah sebabnya, kita perlu membersihkan rumah secara teratur. Jika perlu, gunakan pembersih lantai, yang mengandung desinfektan. Jangan lupa membersihkan sofa, karpet, dan tempat tidur dengan vacuum cleaner . Hal ini perlu dilakukan untuk membersihkan rambut kucing atau anjing yang rontok.
  2. Mandikan hewan kesayangan secara teratur. Untuk menjaga rumah tetap sehat, tak lepas dari kesehatan peliharaan kita. Kesehatan erat kaitannya dengan kebersihan. Jadi, mandikan anjing atau kucing kesayangan secara teratur. Dengan demikian, kemungkinan kuman penyakit berkembang atau tersebar melalui rambut dan tubuhnya, semakin kecil.
  3. Berikan makanan yang sehat dan higienis. Menurut dokter hewan yang saya temui, sebagian besar kuman penyakit berasal dari makanan. Tikus, daging mentah, serangga, bisa jadi makanan yang mengandung bakteri penyakit. Jika kucing atau anjing memakannya, bakteri atau kuman penyakit tadi akan berkembang di dalam tubuhnya, dan keluar melalui kotoran. Untuk menghindarinya, berikan makanan khusus hewan peliharaan, yang sehat dan higienis. Kalaupun tetap ingin memberikan makanan segar, seperti daging atau ikan, rebus terlebih dahulu, hingga daging matang.
  4. Bersihkan kandang hewan secara berkala. Jika hewan kesayangan memiliki kandang, Anda perlu membersihkannya secara berkala. Begitu pula dengan tempat makan dan minumnya. Dengan demikian, kesehatan peliharaan kita terjaga, kesehatan rumah pun tak terganggu.

Memiliki hewan peliharaan, sama saja dengan memiliki anggota keluarga baru. Siap memeliharanya, berarti siap direpotkan. Kalau memang sayang pada hewan peliharaan, kita pasti dengan rela akan mengurus, merawat, dan menjaga kesehatannya. Kesehatan hewan-hewan ini juga akan berpengaruh pada kesehatan keluarga di rumah.

http://www.ideaonline.co.id/iDEA/Blog/Rupa-rupa/Rumah-Tetap-Sehat-Meski-Pelihara-Binatang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s