Bahaya di luar dan di dalam rumah bagi Kelinci

 

 
Kelinci rumahan yang bebas berkeliaran di rumah dan taman, menikmati gaya hidup yang social, stimulasi dan nyaman. Tetapi keamanan gaya hidup tergantung pada pengontrolan lingkungan kelinci. Menghilangkan atau mengurangi resiko /bahaya bagi kelinci.

Jenis bahaya apa yang anda perlu perhatikan?

Bahaya langsung untuk kelinci di luar rumah adalah serangan oleh pemangsa atau predator. Meskipun House Rabbit Society tidak mengumpulkan data statistik tentang serangan pemangsa, kami memberi peringatan berdasarkan cerita yang diberitakan pada kami dari pemelihara kelinci di kota dan daerah. Kandang di taman tidak melindungi kelinci dari pemangsa. Beberapa peristiwa termasuk serangan dari anjing, kucing liar, rakun, dan coyote; dan terkadang burung hantu, elang, possum, dan weasel (sejenis musang). Pemangsa yang kukuh dapat membengkokkan atau merusak kawat; yang gesit dapat membukan pintu kandang. Hanya keberadaan pemangsa saja dapat menyebabkan reaksi yang parah pada kelinci. Panik dimana kelinci lari ketakutan ke sana ke mari, berputar-putar dan menggelepar. Kelinci pada keadaan seperti ini dapat mematah tulang belakang mereka atau mati karena serangan jantung.  Kelinci yang selamat mungkin akan cacat, atau terkena infeksi dari gigitan atau luka cakaran.

Karena banyak pemangsa yang berburu pada malam hari, House Rabbit Society menganjurkan kelinci dibawa masuk ke dalam rumah setiap sore. Kandang yang kuat dan penutup dalam taman biasanya cukup menghindari serangan siang hari khususnya jika ada orang di sekitarnya.

Kelinci meskipun disterilkan (spay/neuture) jika berkeliaran di taman, dia akan memperlihatkan naluri kelinci liarnya, dia akan menggali lubang. Jika dibiarkan lama kelamaan lubang ini menjadi cukup rumit untuk pemelihara menangkapnya.  Ini akan menjadi masalah jika kelinci anda ketakutan, luka, sakit, hamil atau apapun yang memerlukan pertolongan anda. Dan lagi pula tanah juga dapat mengandung bakteri yang berbahaya.

Maka dari itu, kami menganjurkan kelinci memuaskan hasrat menggalinya di dalam kandang atau kotak yang berisi jerami yang bersih. Menggali lubang di tanah dapat dikurangi dengan menambah kawat di bawah kandang atau dengan menutup lubang saat dia memulainya.

Setelah menghilangkan lubang alami kelinci, perlindungan harus diberikan pada waktu cuaca yang ekstrim (panas atau dingin sekali). Kelinci yang memiliki gaya hidup yang flexibel dapat bergabung dengan keluarga manusianya dalam rumah dapat bersama hidup di lingkungan yang nyaman. Kelinci yang sementara menahan panas dapat disejukan dengan menggantung handuk basah di dekat nya atau dengan menaruh es didalam kotak bekas susu atau kantong plastik.

Banyak orang percaya bahwa kelinci yang merumput di taman secara naluri akan menghindari tumbuhan yang beracun secara alami. Saya bisa buktikan tidak begitu, setelah memperhatikan kelinci mengunyah daun oleader. Kami menganjurkan membuat daftar semua tanaman yang tumbuh di taman anda dan periksa untuk tanaman yang beracun. Sebelum semua tanaman beracun dihilangkan dari taman, kelinci anda harus dijaga dalam rumah atau di taruh di dalam kandang. Bahaya racun lainya adalah pupuk dan pestisida yang dipakai untuk rumput atau taman.

Diluar rumah juga mempunyai bahaya yang lain, khususnya untuk fisik kelinci. Semua kelinci yang tidak dapat membersihkan bulunya secara menyeluruh dari air kecing dan kotoran akan retan terhadap serangan lalat, kondisi yang mengancam kehidupannya. Pencegahan diperlukan dengan pemeriksaan satu dua kali sehari untuk kelinci yang beresiko tinggi dan pembersihan dan pengeringan bulu yang basah atau kotor secara rutin.

Serangga lainnya yang mengancam kelinci luar rumah. Kutu loncat/pinjal (flea) jika dibiarkan berkembang biak di taman dapat menyebabkan kelinci terkena flea anemia. Di beberapa area, myxomatosis, virus yang mematikan dapat ditularkan ke kelinci melalui gigitan serangga.

Yang terakhir, bahaya yang tersembunyi pada kelinci luar rumah adalah tidak adanya perhatian dari pemeliharanya. Meskipun kelinci diberi makan, minum dan tempat berteduh, perhatian dan penanganan yang jarang dapat menyebabkan masalah kesehatan tidak terdeteksi sampai sudah terlambat.

Singkatnya, bahaya yang dihadapi oleh kelinci luar rumah dapat dikurangi dengan secara rutin membawa kelinci masuk ke dalam rumah pada saat diperlukan seperti di malam hari, selama cuaca yang ekstrim atau saat kelinci sedang sakit. Dan juga dapat dikurangi dengan sosialisasi dan disertai perhatian penuh pada setiap rutin.

Jenis bahaya dalam rumah apa yang saya perlu khawatirkan?
Lebih banyak waktu kelinci terlatih bercampur dengan keluarga manusia dan hewan peliharaan, kelinci akan lebih mengepresikan kepribadiannya dan menikmati ini.
Akan tetapi, House Rabbit Society menganjurkan kandang dalam rumah disediakan sebelum membawa kelinci ke dalam rumah. Ini untuk perlindungan kelinci pada saat pemelihara memeriksa dalam mengurangi bahaya yang ada di dalam rumah.

Kesetrum karena mengigit kabel listrik adalah paling berbahaya untuk kelinci yang berkeliaraan bebas. Kelinci mempunyai naluri dengan cepat dan biasa memutuskan kabel atau tali apa saja. Khususnya yang menggoda adalah kabel listrik yang melintang di jalan kelinci atau seperti yang melalui lubang seperti kabel dibawah kolong sofa. “Kebal kelinci” artinya memasukan kabel listrik ke dalam pipa plastik keras atau menghalangi kabel dan colokannya dengan perabotan supaya kelinci tidak dapat menjamahnya. Inilah salah satu langkah yang terpenting dalam persiapan daerah untuk kelinci dalam rumah.

Saat mengawasi kelinci tidak cukup untuk mencegah menggigit kabel listrik, sangat berguna untuk memperhatikan dan jika perlu batasi aktifitas kelinci baru. Kelinci dibawah umur satu tahun sangat nakal, loncat ke atas, ke bawah  dan masuk ke perabotan. Berapa tinggi kelinci dapat melompat? Tergantung dari kemauan dan kemampuan altletik setiap kelinci. Jatuh atau kejebak, panik, lompat kesana kemari dan luka dapat disebabkan oleh kelinci yang salah pertimbangan.

Umumnya kelinci dewasa lebih sedikit berpetualang dan setelah diberi perhatian beberapa waktu, kelinci dapat diberi kebebasan di dalam rumah yang telah kebal kelinci.

Kecondongan kelinci mengunyah lebih merepotkan daripada berbahaya, tetapi tanaman harus dikenali dan yang beracun yang harus dipindahkan. Bahan sintetis, seperti karpet jika dikunyah dalam jumlah banyak dapat menyumbat sistem percenaan kelinci. Ini dapat dicegah dengan menyediakan kunyahan alami seperti rumput kering, kayu, kardus, alas jerami; mengurung kelinci di daerah yang tidak berkarpet; sterilisasi kelinci untuk mengurangi hasrat merubah daerah kekuasaan.

Ironisnya, kelinci saking nakalnya sehingga ia harus dikandang untuk perlindungannya atau menghadapi bahaya lainnya. Kurungan dapat membuat bosan, kebanyakan makanan, kurang olah raga dan masalah pencernaan. Masalah ini mungkin dapat dipecahkan dengan kandang yang memiliki dua lantai yang membuat kelinci meloncat dan memanjat; rumput kering untuk kunyahan; banyak mainan; dan waktu diluar kandang dengan pengawasan.

Kelinci rumahan sering membuat kandangnya sebagai tempat berlindung, kembali ke kandang untuk makan dan beristirahat. Tetapi kandang kawat dapat juga berbahaya jika kuku, cakar atau gigi kelinci tersangkut di kawat. Jika kotak toilet yang tersedia dia dalam kandang, kandang dapat dibuat dengan lantai padat. Kardus juga dapat dipakai menutup lantai kawat kandang. Untuk keamanan psikologis, kotak sarang kardus dapat disediakan di dalam kandang.

Karena kelinci kadang bertingkah berani, pemelihara perlu diingatkan bahwa fisik kelinci sangat rentan. Retak pada tulang belakang dapat terjadi jika kelinci berontak waktu ditopang dengan tidak benar atau jika dilepas dengan tiba-tiba. Cara memegang dengan aman tidak berdasarkan intuisi dan diperlukan latihan. Pemelihara orang dewasa juga harus melindungi kelinci dari pegangan anak kecil dan kekasaran dari hewan peliharaan lainnya. Jika ada kucing, kuku kucing sebaiknya dipotong. Untuk anjing, anjing harus dilatih dan diawasi sebelum diperbolehkan berinteraksi dengan kelinci. Dua kelinci asing harus dikenalkan secara perlahan-lahan dan hati-hati supaya mereka tidak bertengkar.

Seekor kelinci rumahan mungkin menikmati jalan-jalan dengan harness dan tali penuntun. Akan tetapi, bahkan untuk kelinci sudah yakin sekalipun bisa panik jika ia tiba-tiba sadar berada di daerah terbuka, terbatasnya harness atau dihampiri oleh hewan yang tidak dikenalnya. Yang terbaik adalah untuk tetap berada di daerah yang sudah dikenalnya pada saat menjalankan kelinci anda.

Nasehat tentang bahaya pada kelinci dapat ditemui dengan keraguan oleh pemelihara kelinci. “Kelinci saya makan kabel TV tapi dia baik-baik saja” “Kelinci saya mengejar kucing di taman” Kami tidak menyangkal bahwa kelinci adalah hewan ulet dan banyak akal. Tetapi jika umur panjang kelinci anda menjadi prioritas, kami tidak dapat puas tentang keamanan ini. Jawaban kami: Jika anda menghargai kelinci anda dan mau kelinci anda tumbuh sampai tua, hilangkan bahaya di sekitar lingkungannya.

 

http://www.hewanpeliharaan.com

7 thoughts on “Bahaya di luar dan di dalam rumah bagi Kelinci

  1. kelinciku tak mau tidur.tidak seperti ayam. kan setiap harinya saya lepas terus.sampa kandangnya juga kalau sudah malam tidak mau masuk….. apa dasar sipatnyanya seperti itu? tolong minta nasehatnya agar kelinci saya bisa tau dgn kandang nya kalaw sdh malam’ padahal sdh lama saya memeliharanya sudah hampir dua bulan.jenis kelinci saya sama dgn poto yg ada di atas,bahkan yg laki sama dgn poto di atas.saya ada punya penyakit asma. dan datangnya baru beberapa tahun,saya beli kelinci niat semula ingin saya sembelleh.tapi kelamaan saya jadi tak tega,sehingga saya pelihara sampay sekarang.terima kasih atas perhatiannya.wassalam dr saya haji ahmad

  2. kelinci ku juga sama dengan haji ahmad tp kl aku sudah dua tahun lebih dia nggak pernah mau tidur kerjanya makan mulu gimana sih tips nya agar si kelinci bisa tidur.
    and makasih atas infonya

  3. Aku juga punya kelinci,tapi saat tengah malam ibuku bilang kelinciku pernah bersuara keras Dan ibuku Dan kakakku terbangun Dan saat mereka keluar salah satu kelinciku badanya terjepit ekornya didalam kandang Dan badanya keluar padahal kandang kelinciku rapat tetapi kenapa badanya bisa tiba di luar,Kalau menurut keluargaku kelelawar Yang menariknya

  4. kelinciku masih kecil. Aku ada 2 kelinci yg dari awal pas beli aku tempatin di 1 kandang. Tujuannya sih supaya pas udah saatnya kawin nanti mereka udah kenal 1 sama lain.
    tp belakangan ini mereka sering bertengkar. Salah satu dari mereka malah sampai gigit telinga yg 1 nya sampe hilang ujungnya.
    akhirnya mereka aku pisahin. Apa nanti pas disatuin mereka gk makin rusuh ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s