Kandang Kelinci

 
Apakah boleh memelihara kelinci saya di kandang dengan alas kawat/jerugi?
Kelinci tidak dirancang untuk tinggal di alas kawat karena keras untuk kakinya. Jika anda harus memakai kandang dengan alas kawat, anda perlu menyediakan papan atau alas untuk kelinci duduk, kalau tidak dia akan menghabiskan waktunya di kotak toiletnya saja.

Anda dapat mencari kandang dengan alas plastik yang mana lebih nyaman atau anda dapat menggunakan lantai. Selama kelinci anda memiliki kotak toilet di pojok yang dia pilih, seharusnya tidak banyak kotoran yang berserakan yang perlu dibersihkan.

Berapa ukuran kandang yang paling bagus?
Lebih besar lebih bagus! Kandang sebaiknya paling sedikit 4 kali dari ukuran kelinci anda – lebih besar lagi jika kelinci anda dikurung terus. Anda dapat membuat atau membeli kandang dua lantai; yang lantainya dihubungi dengan papan antar lantai – mereka sangat suka ini.

Bolehkan kelinci baru saya berkeliaran 24 jam sehari?
Kelinci yang belum dilatih sebaiknya dimasukan ke kandang  pada waktu anda tidak di rumah untuk mengawasi dan pada saat anda tidur. Kelinci adalah binatang crepuscular yang artinya tidur di siang dan malam hari, aktif di pagi dan sore hari. Pastikan anda lepas di sore hari pada saat anda pulang kerja dan jika bisa di pagi hari sebelum anda pergi kerja.

Apa yang saya bisa lakukan supaya selama kelinci tinggal di kandang lebih mengasyikan?
Kandang sebaiknya dianggap sebagai sarang nya. Tempat khusus di mana kelinci anda merasa aman dan tentram. Buatlah sarangnya menjadi nyaman dan dia akan menikmati di dalam sarangnya meskipun pintu kandangnya terbuka. Beri mainan yang cukup, alas bulu domba, batang kayu di dalamnya dan waktu anda menidurkan kelinci anda beri dia camilan sayur atau buah.

Kapan waktu yang baik untuk melepaskan kelinci berkeliaran di dalam rumah?
Pada waktu kelinci sudah lebih terlatih dan rumah anda telah kebal kelinci (bunny-proof), kelinci anda dapat dilepas berkeliaran bebas di dalam rumah meskipun anda tidak ada di rumah. Lebih banyak ruangan kelinci anda dapatkan, anda akan mendapatkan teman yang lebih menyenangkan.

Meskipun seekor kelinci memiliki banyak ruangan untuk berkeliaraan, ia masih dapat merasa bosan. Kelinci yang bosan seringkali kelinci yang nakal. Jika anda tidak mencoba memberikan hiburan yang banyak, seperti kotak kardus, keranjang, batang, majalah, alas rumput maka dia akan membuat hiburan sendiri di dalam karpet atau dibelakang sofa.

Bolehkah saya melepas kelinci saya di luar?
Awasi selalu kelinci anda pada waktu di luar. Hanya diperlukan beberapa detik saja untuk seekor anjing melompat pagar dan menyerang atau menakuti kelinci anda.
Pastikan rumput tidak baru saja disemprot pestisida atau pupuk. Periksa lubang di pagar dan tanaman yang beracun bagi kelinci.
Dalam keadaan apapun,  kelinci sebaiknya tidak ditinggal di luar di malam hari. Pemangsanya adalah possum, raccoon, skunk, serigala, ular, anjing, kucing, musang, dan tikus. Jika anda memiliki kandang di luar yang anda pikir sangat aman, kelinci masih dapat mati ketakutan pada waktu pemangsa mencoba masuk dari luar.

 

http://www.hewanpeliharaan.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s